Wajib Tahu Tentang Sub Kelas Kereta Api

Wajib Tahu Tentang Sub Kelas Kereta Api

  • Jumlah penumpang kereta api selama tahun 2020 mencapai 185 juta penumpang ditengah wabah pandemi Covid-19.
  • Harga tiket kereta api ditentukan berdasarkan kelas dan sub kelas.

Kereta api masih menjadi transportasi umum yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Demi kepuasan pelanggan kereta api, PT KAI terus berupaya meningkatkan fasilitas kereta api.

Peningkatan sarana dan fasilitas kereta api yang dilakukan PT KAI antara lain peremajaan gerbong kereta api jarak jauh dan bisnis, perbaikan stasiun dan rel ganda di pulau Jawa dan perbaikan fasilitas dan sarana perkereta apian lain.

BACA JUGA:  Informasi Aturan Baru Naik Kereta Selama PSBB Ketat

Ada enam kelas kereta api dari PT KAI, yaitu kelas ekonomi, ekonomi AC plus, ekonomi premium, bisnis, eksekutif dan kereta luxury dengan kemewahannya. Selain itu ada juga kereta wisata yang memberikan fasilitas super lengkap.

Selain kelas, terdapat pula pembagian sub kelas, dapat diartikan sub kelas adalah zona tempat duduk dalam kereta. Tak ada perbedaan fasilitas sub kelas satu dengan yang lainnya, yang membedakan adalah harga dan zona tempat duduk.

Berikut sub-sub kelas yang ada pada kereta:

  1. Eksekutif: A, H, I, J, X (sub kelas A memiliki tarif tertinggi, sub kelas J adalah tarif terendah, dan X umumnya adalah tarif promo)
  2. Bisnis: B, K, N, O, Y (sub kelas B memiliki tarif tertinggi, sub kelas O adalah tarif terendah, dan sub kelas Y adalah tarif promo)
  3. Ekonomi premium dan komersial: C, P, Q, S, Z (sub kelas C memiliki tarif tertinggi, sub kelas S adalah tarif terendah, dan Z tarif promo).

Susunan duduk di setiap gerbong pun diatur berdasarkan sub kelasnya. Sub kelas termahal (A, B, C) berada di tengah gerbong atau jauh dari pintu. Sedangkan sub kelas termurah (J, O, S) biasanya berada di dekat pintu.

Perbedaan terletak pada letak gerbongnya. Sub kelas dengan harga termahal biasanya memiliki posisi yang strategis, yaitu di gerbong tengah rangkaian kereta.

Penumpang bisa lebih mudah naik dan turun menuju pintu keluar stasiun. Selain itu, biasanya juga dekat dengan gerbong makan. Jadi, penumpang akan lebih mudah untuk memesan makanan atau minuman.

BACA JUGA:  7 Cara menjalankan Bisnis Fastpay dengan Sukses

Perlu dicatat, penerapan sub kelas tidak sama pada setiap kereta api. Bisa jadi pada satu kelas kereta hanya terdapat satu sub kelas dan pada kelas kereta lainnya, terdapat beberapa sub kelas.

Bisnis layanan tiket kereta api dan pesawat
Peluang bisnis penjualan tiket kereta api dan pesawat sangat terbuka dengan keuntungan yang besar. Bergabunglah menjadi outlet Toko Modern Fastpay yang bisa melayani penjualan tiket kereta api dan tiket pesawat serta layanan lain yang dibutuhkan masyarakat Indonesia.

About the Author

Tim SBF
Sentra Bisnis Fastpay adalah peluang bisnis masa depan modal kecil layanan terlengkap dan terpercaya dan pasti untung dengan teknologi keamanan transaksi handal dan support maksimal 1x24 jam. Ada 7 layanan handal dalam 1 genggaman. Anda ingin berkonsultasi silahkan hubungi tim SBF di 08175011058. Salam sukses.
Show
Hide
error: Klik Kanan Disabled..!
LIVECHAT WHATSAPP