Perbandingan Listrik Pascabayar dengan Prabayar, Untung Mana?

Perbandingan Listrik Pascabayar dengan Prabayar, Untung Mana?

  • Listrik menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan manusia
  • Jumlah pelanggan listrik di Indonesia mencapai lebih dari 76 juta
  • 46 juta adalah pelanggan listrik prabayar
  • Pengguna listrik harus dibayar tagihan atau membeli token listrik

Ada dua jenis sistem tagihan listrik di Indonesia bagi pelanggan listrik PLN, jenis pascabayar dan prabayar. Masing-masing punya ciri khas tersendiri dan kelebihan dan kekurangannya.

Sudah banyak masyarakat yang beralih dengan menggunakan listrik prabayar dimana sebelumnya mereka menggunakan listrik pascabayar. Di sisi lain, masih banyak pula masyarakat yang tetap bertahan menggunakan listrik pascabayar.

BACA JUGA: Cara Hitung Batas Pembelian Token Listrik Pra Bayar

Perusahaan Listrik Negara (PLN) menggalakkan sistem pembayaran listrik prabayar untuk pemasangan baru. Sistem ini dianggap membantu masyarakat menghemat pengeluaran.

Listrik Pascabayar

listrik pascabayar

Tagihan listrik pascabayar merupakan tagihan konvensional yang dibebankan oleh PLN pada pengguna listrik setelah satu bulan pemakaian. Tepatnya di akhir bulan mengikuti jumlah akumulasi tagihan. Setiap rumah tangga, perkantoran dan gedung bangunan menanggung tagihan pascabayar listrik yang berbeda-beda.

Berikut kekurangan dan kelebihan listrik pascabayar

Kekurangan Listrik Pascabayar

1. Penunggakan sama dengan pemutusan listrik
Karena listrik digunakan terlebih dahulu, sudah menjadi kewajiban bagi pengguna untuk melakukan pembayaran ketika tenggat waktu pelunasan semakin dekat. Batas pembayaran listrik pascabayar hingga tanggal 20 tiap bulan. Semakin lama menunda pelunasan tagihan maka semakin besar pula kemungkinan listrik di rumah terputus.

Aturan dari PLN untuk pemutusan listrik akibat menunggak:

  • Terlambat 1 bulan (harus ikhlas sementara hidup tanpa listrik)
  • Terlambat 2 bulan (alat pengukur dan pembatas diputus)
  • Terlambat 3 bulan (harus siap kehilangan status pelanggan), pasang meter harus bayar lagi
  • Ingat selalu bayar listrik tepat waktu sebelum tanggal 20 setiap bulannya.

Bayar listrik pascabayar bisa dilakukan di Loket Toko Modern Fastpay terdekat kamu dengan mudah.

2. Pemakaian tidak bisa dikendalikan
Penggunaan listrik dilakukan setiap hari. Kamu tidak mungkin memutus listrik di hari ini lantas menyalakannya kembali keesokan harinya bukan?

Pemakaian listrik pascabayar sulit dikontrol, kamu juga tidak bisa cek berapa penggunaan energi listrik dalam sehari atau seminggu sebelum memasuki jadwal tagihan. Yang bisa kamu lakukan hanya melakukan penghematan penggunaan listrik.

Baca: 11 Solusi Hemat Listrik

Tips hemat listrik

3. Cukup Mengganggu Privasi
Tiap bulan ada petugas catat meter PLN yang datang ke rumah kamu untuk mencatat pemakaian listrik. Kondisi ini sangat mengganggu apalagi jika Anda tergolong pribadi tertutup.

Tips yang bisa dilakukan adalah pasang papan info pemakaian listrik ditempat yang bisa dilihat oleh petugas catat meter tiap bulan.

papan info listrik

4. Sistem meteran masih analog
Sistem meteran listrik pascabayar masih menggunakan sistem analog atau manual yang rawan kesalahan dalam penghitungannya atau pencatatan oleh petugas catat meter.

Kelebihan Listrik Pascabayar

1. Tidak perlu repot isi token listrik
Listrik pascabayar sumber listriknya langsung diberikan oleh PLN, tidak perlu lagi melakukan pengisian pulsa ketika habis.

Agar lampu di rumah tetap terang berikut barang elektronik yang berfungsi, lunasi tagihan listrik sebelum tanggal 20 tiap bulan supaya tidak diputus sepihak oleh PLN.

2. Jumlah energi listrik tanpa terbatas
Pengguna listrik pascabayar bebas menggunakan barang elektronik atau menyalakan lampu kapan saja. Tanpa khawatir listrik mati akibat pulsa habis.

Kondisi ini sangat menguntungkan jika kebutuhan listrik di rumah Anda sangat besar. Sehingga tidak perlu membeli pulsa token berulang kali.

Namun pemakaian listrik yang besar bisa akibatkan tagihan listrik kamu membengkak. Jadi hematlah pemakaian listrik seperlunya.

Untuk kemudahan pembayaran listrik pascabayar, kamu bisa melalui Loket Toko Modern Fastpay terdekat atau menggunakan aplikasi Fastpay dengan mudah dan cepat tanpa harus antri atau pergi ke minimarket atau loket PLN.

Listrik Prabayar

Sudah banyak masyarakat yang beralih dengan menggunakan listrik prabayar dimana sebelumnya mereka menggunakan listrik pascabayar. Perusahaan Listrik Negara (PLN) menggalakkan sistem pembayaran listrik prabayar untuk pemasangan baru. Sistem ini dianggap membantu masyarakat menghemat pengeluaran selain usaha dari pelanggan sendiri untuk menekan penggunakan listrik.

Berikut kekurangan dan kelebihan listrik pascabayar

Kekurangan Listrik Prabayar

1. Potensi listrik mati sewaktu-waktu karena token habis
Kekurangan listrik prabayar adalah mati mendadak ketika pulsa/token habis. Ada alarm dimeter listrik yang menandakan bila token listrik kamu akan habis dan harus segera diisi.

Bila terlambat isi token listrik, rumah kamu akan gelap tidak mendapatkan energi listrik yang dibutuhkan.

Pernahkah alami kejadian token listrik tiba-tiba habis tengah malam? Pasti panik rumah gelap gulita dan harus pergi keluar cari token listrik. Bila tidak temukan tempat jual token listrik malam hari, harus tunggu hingga pagi. Sebuah musibah buat kamu bila tidak aware terhadap sisa token listrik.

2. Harus mengingat waktu terakhir pembelian token listrik
Tiap nominal token listrik punya perolehan kWH yang berbeda dan bisa punya masa penggunaan tergantung seberapa banyak watt yang kamu habiskan. Ketika kamu beli token listrik nominal 20.000, 50.000, 100.000 hingga 200.000, dengan pemakaian daya listrik standar bisa jadi patokan berapa kebutuhan token listrik kamu tiap bulan.

Baca: Begini Rumus Cara Menghitung kWh Token Listrik PLN
Baca: Berapa Batas Pembelian Token Listrik Prabayar

Buat pengingat atau kalender pengisian token listrik dan lakukan penghematan penggunakan listrik di rumah.

Perhatikan alarm di meteran bila berbunyi segera cek sisa token listrik dan segera beli.

3. Sistem kerap mengalami masalah
Pelanggan listrik prabayar tidak bisa membayar/membeli token listrik di waktu tengah malam pada pukul 23:00-01:00 (cut-off). Jadi ketika alarm meteran listrik berbunyi, segeralah beli token listrik.

Beli token listrik mudah dan cepat bisa ke Loket Toko Modern Fastpay terdekat.

4. Meteran mudah error
Error pada meteran bisa terjadi dari banyak faktor, seperti karena ada benturan dari benda lain sehingga tutup meteran sedikit terbuka, atau penyebab lain.

Baca: Kenali 5 Penyebab Gagal Isi Token Listrik

5. Pelayanan PLN kurang cepat jika ada masalah dengan listrik prabayar
Banyak keluhan terjadi pada meteran prabayar pelanggan, hingga 1 x 24 jam belum tertangani sehingga mereka tidak bisa menggunakan listrik dirumahnya.

Kelebihan Listrik Prabayar

1. Perhitungan listrik jauh lebih akurat
Sistem digital berarti menggunakan sistem otomatis dalam penghitungannya, berbeda dengan sistem analog atau manual pada listrik pascabayar yang rawan kesalahan dalam penghitungannya.

2. Token listrik mudah didapatkan
Kebutuhan token listrik mudah didapat, kamu bisa datangi Loket Toko Modern Fastpay terdekatmu untuk mendapatkan token listrik dengan mudah dan cepat, atau bisa membelinya di minimarket.

Beli token listrik di Fastpay

3. Tidak ada biaya beban bulanan
Pada listrik prabayar tidak ada biaya bulanan. Jika ingin menggunakan listrik kWH harus ada pada meteran listrik. Jadi pengaturan penggunaan listrik tergantung pelanggan sendiri.

4. Privasi terjamin
Tidak ada petugas catat meter PLN tiap bulan berkunjung untuk mencatat pemakaian listrik. Cukup mengisi dengan token listrik jika kehabisan listrik dan sudah bisa memakai listrik kembali.

5. Tanpa ada sanksi denda pemutusan dan keterlambatan
Enaknya listrik prabayar tidak ada denda atau pemutusan aliran listrik karena listrik diisi secara mandiri oleh pelanggan. Penggunaan listrik menyesuaikan jumlah token yang diisikan pada meteran listrik.

6. Aman dari kebakaran
Ada sistem otomatis pada meteran listrik prabayar. Jika terjadi masalah pada iinstalasi maka akan nampak pada layar tulisan periksa, atau bahkan listrik padam secara otomatis atau meteran otomatis dalam posisi off/mati.

———-
Karena kelebihan-kelebihan di atas, sistem listrik prabayar cocok digunakan di rumah kontrakan atau kos. Listrik prabayar bisa dikendalikan oleh masing-masing penghuni kontrakan atau kos, dan pemilik tidak perlu repot-repot membayar tagihan setiap bulan.

Nah, bila kamu punya usaha kos-kosan, bisa membuka layanan pembelian token listrik bagi para penghuni kos sehingga bisa menambah pemasukan. Selain itu juga bisa melayani pembelian pulsa atau paket data, voucher game, top up saldo emoney, dll.

Semoga informasi ini bermanfaat.

About the Author

Tim SBF
Sentra Bisnis Fastpay adalah peluang bisnis masa depan modal kecil layanan terlengkap dan terpercaya dan pasti untung dengan teknologi keamanan transaksi handal dan support maksimal 1x24 jam. Ada 7 layanan handal dalam 1 genggaman. Anda ingin berkonsultasi silahkan hubungi tim SBF di 08175011058. Salam sukses.
Show
Hide
LIVECHAT WHATSAPP