Informasi Aturan Baru Naik Kereta Jarak Jauh Selama PSBB Ketat

Informasi Aturan Baru Naik Kereta Jarak Jauh Selama PSBB Ketat

  • Seluruh penumpang kereta api wajib mengikuti protokol kesehatan.
  • Ada aturan baru untuk naik Kereta Api (KA) Jarak Jauh di Pulau Jawa dan Sumatera di masa PSBB ketat 9-25 Januari 2020.
  • Peraturan baru penumpang kereta api telah diatur sesuai dengan Surat Edaran Kemenhub No 4 Th 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Pandemi COVID-19.

Pengguna KA jarak jauh diharuskan menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR atau hasil non reaktif rapid test Antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam sebelum jam keberangkatan.

BACA JUGA: 7 Cara menjalankan Bisnis Fastpay dengan Sukses

Untuk rapid antigen dapat dilakukan di 26 stasiun dengan harga terjangkau: Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Bandung, Stasiun Kiaracondong, Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Jatibarang, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Tegal, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Kroya, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Madiun, Stasiun Jombang, Stasiun Kediri, Stasiun Kertosono, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasar Turi, Stasiun Malang, Stasiun Sidoarjo, Stasiun Jember, Stasiun Ketapang.

Untuk mencegah penyebaran COVID-19, setiap pelanggan KA wajib untuk mematuhi protokol Kesehatan dan menerapkan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Jika di dalam perjalanan pelanggan menunjukkan gejala COVID-19, menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare dan demam atau suhu badan lebih dari 37,3 derajat celcius maka pelanggan tidak boleh melanjutkan perjalanan dan selanjutnya diturunkan di stasiun terdekat untuk dilakukan pemeriksaan.

BACA JUGA: Syarat Naik Pesawat Citilink Lion Air Garuda Indonesia Saat Pandemi Covid-19

Untuk pembelian tiket kereta api, dapat melalui Agen Toko Modern Fastpay terdekat dengan mudah dan cepat.

Selengkapnya syarat dan ketentuan perjalanan kereta api antar kota di Pulau jawa dan Sumatra untuk keberangkatan tanggal 9-25 Januari 2021 sebagai berikut:

  1. Wajib menunjukkan surat keterangan hasil tes negatif RT-PCR atau non reaktif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam sebelum jam keberangkatan dan bagi anak-anak dibawah usia 12 tahun tidak diwajibkan;
  2. Penumpang dalam kondisi sehat tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare dan demam;
    Suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius;
  3. Penumpang wajib menggunakan masker kain 3 ( tiga ) lapis atau masker medis menutupi hidung dan mulut serta menggunakan face shield dari stasiun keberangkatan, dalam perjalanan sampai zona 2 (dua) stasiun tujuan;
  4. Penggunaan masker wajib dilakukan dengan benar menutupi hidung dan mulut;
  5. Sebelum melakukan perjalanan penumpang di himbau untuk menggunakan pakaian pelindung (jaket atau menggunakan pakaian lengan panjang);
  6. Wajib menerapkan dan mematuhi protocol kesehatan,yaitu memakai masker,menjaga jarak dan mencuci tangan (3 M);
  7. Tidak diperkenankan untuk berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon atau secara langsung pada saat selama perjalanan;
  8. Tidak diperkenankan untuk makan dan minum pada saat selama perjalanan yang kurang dari 2 (dua) jam, terkecuali bagi individu yang wajib mengkonsumsi obat-obatan dalam rangka pengobatan yang jika tidak dilakukan dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan orang tersebut.

Seluruh penumpang hendaknya wajib mengikuti aturan dan protokol kesehatan yang berlaku demi menekan penyebaran Covid-19. Semoga informasi ini bermanfaat.

About the Author

Tim SBF
Sentra Bisnis Fastpay adalah peluang bisnis masa depan modal kecil layanan terlengkap dan terpercaya dan pasti untung dengan teknologi keamanan transaksi handal dan support maksimal 1x24 jam. Ada 7 layanan handal dalam 1 genggaman. Anda ingin berkonsultasi silahkan hubungi tim SBF di 08175011058. Salam sukses.
Show
Hide
error: Klik Kanan Disabled..!
LIVECHAT WHATSAPP