Bisnis Sampingan Untuk Anak Sekolah yang Belajar Daring atau Orang Dewasa

Bisnis Sampingan Untuk Anak Sekolah yang Belajar Daring atau Orang Dewasa

Tidak dapat dipungkiri jika saat ini pembelajaran daring masih menjadi pilihan bagi banyak sekolah karena efek pandemi yang belum berakhir. Kondisi ini membuat anak-anak jauh lebih lama berada di rumah dan cenderung lebih banyak berkutat dengan internet untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.

Bisa dilihat bahwa cukup banyak anak-anak yang terkesan bosan dengan model pembelajaran tersebut. Terlebih, kondisi pembelajaran daring juga belum diketahui sampai kapan akan berlangsung.

Nah, jika kamu masih seorang pelajar dan merasakan hal di atas, mencoba-coba ide bisnis sampingan bisa menjadi hal yang menarik. Dengan ide bisnis sampingan tersebut, kamu bisa mengisi waktu luang yang cenderung lebih banyak selama pembelajaran daring serta mendapatkan tambahan penghasilan yang tentu saja menguntungkan.

Pada kesempatan ini akan dibahas beberapa ide bisnis sampingan yang menarik untuk para pelajar dan juga bisa dilakukan oleh orang dewasa yang bisa dijadikan referensi yang mudah dijalankan dengan modal kecil. Apa saja ide tersebut? Simak ulasan selengkapnya!

Ragam Ide Bisnis Sampingan Untuk Anak Sekolah dan Dewasa

Bisnis sampingan bisa menjadi hal yang menarik, terutama untuk anak sekolah yang sedang belajar daring dan memiliki banyak waktu luang. Atau juga bisa untuk rintisan bisnis bagi siapa saja. Tentu, karena sifatnya sampingan, maka bisnis ini tidak akan mengganggu aktivitas utama mereka untuk belajar dan mengerjakan tugas yang seharusnya.

Nah, adapun beberapa ide bisnis yang bisa dijadikan pilihan untuk dijalankan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Berjualan Online

Jualan online kini menjadi salah satu aktivitas bisnis yang banyak dilakukan oleh masyarakat secara umum. Seiring dengan perkembangan marketplace dan pergeseran pola belanja masyarakat menggunakan aplikasi, membuat berjualan online bisa dikatakan cukup menjanjikan sebagai salah satu ide bisnis sampingan.

Tidak hanya itu, ada cukup banyak marketplace yang tersedia secara gratis dan bisa dimanfaatkan untuk media berjualan. Nah, kamu yang masih sebagai anak sekolah, bisa mencoba memanfaatkan marketplace tersebut untuk memulai bisnis jualan online.

Selain marketplace, juga bisa menggunakan media sosial seperti Facebook atau Instagram dengan kemasan dan foto-foto yang menarik agar calon pembeli tertarik membeli daganganmu.

Lantas, barang apa yang cocok untuk dijual?

Nah, ada banyak sekali ide objek bisnis yang bisa dipilih. Misalnya saja, kamu bisa berjualan jilbab, buku, produk herbal, atau jualan dari hobi seperti mainan diecast, figurine, poster, dan lainnya. Pilih saja produk yang sesuai dengan keinginan serta pengetahuan kamu. Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper untuk mendapatkan produk yang berkualitas dengan harga terjangkau kemudian menjualnya kembali.

Jadi dengan menjadi reseller atau dropshipper, kamu tidak perlu stok barang sendiri.

2. Berjualan Makanan Kecil atau Snack

Meskipun termasuk ide bisnis yang sudah lama, namun berjualan makanan kecil tetap menjadi ide bisnis sampingan yang menarik untuk dijalankan. Margin keuntungan dari ide ini memang tidak terlalu besar, hanya saja, pangsa pasar yang bisa dijangkau terbilang begitu besar.

Untuk menjalankan ide bisnis ini, kamu bisa membeli aneka makanan kiloan lalu membungkusnya menjadi kecil-kecil. Ada banyak jenis makanan kecil atau snack yang bisa kamu jual, seperti: aneka kripik mulai dari kripik tempe, kripik kentang, kripik singkong, kripik pisang, dll, makaroni dengan varian rasa, kuping gajah, stick keju, brondong jagung, dll. Nah, kamu juga bisa menitipkannya ke berbagai warung yang ada di sekitar kamu.

Variasi makanan kecil/snack yang dijual dapat menarik pembeli sebagai daya tarik dan sesuai minat calon pembeli. Kamu bisa mengemasnya sesuai berat mulai dari 250 gram, 500 gram, hingga 1000 gram (1 kilo). Untuk pemasaran dan penjualan, kamu bisa membuka dirumah dengan membuat etalase atau secara online dengan kemasan yang baik melalui media sosial atau marketplace.

Selain mudah, bisnis ini juga tidak memerlukan modal yang besar serta tenaga yang besar pula. kamu hanya menitipkan dan mengambil uang hasil penjualan dalam waktu tertentu. Cukup mudah dan menarik, bukan?

3. Berjualan Minuman Kekinian

Belakangan ini bisnis minuman kian menjamur dan menjadi tren dikalangan anak muda, seperti Taiwan Milk Tea, Ice Taro Latte, Matcha Tea, Smoothie Stroberi-Mangga, Coklat Ice Blend, Mango Thai, dan sederet minuman kekinian lainnya. Menariknya usaha ini dianggap cukup menjanjikan.

Tren yang sedang berkembang ini bisa diubah menjadi ide bisnis yang cenderung lebih menguntungkan. Target pasar dari berjualan minuman kekinian adalah kaum milenial.

Memulai usaha minuman tidak harus selalu dalam skala besar, kita bisa memulainya dari sesuatu yang simpel dan kita sukai.

Beberapa ide minuman kekinian yang bisa dijual:
– Es jelly mangga
– Es cappucino cincau
– Es mangga kelapa muda
– Es Thai tea
– Es jeruk sirup melon
– Es semangka susu
– Soda gembira
– Berbagai macam smoothie buah
– Boba
– Kopi gula aren
– Es buah atau es campur
– Es timun nata de coco
– Cincau kelapa muda
– Es sarang burung
– Dll

4. Budidaya Tanaman atau Ikan Hias

Bisnis tanaman hias

Tanaman serta ikan hias bisa dikatakan sedang menjadi tren saat ini. Cukup banyak masyarakat yang mencari tanaman hias serta ikan hias untuk mempercantik dekorasi rumahnya. Nah, trend ini tentu saja bisa dijadikan sebuah ide bisnis sampingan yang selain menarik, juga menguntungkan.

Jika kamu memiliki ketertarikan terhadap budidaya tanaman hias ataupun ikan hias, maka ide bisnis ini bisa kamu jadikan peluang yang menguntungkan. Ya, perlu diketahui bahwa kamu bisa memulai bisnis ini di rumah sehingga tidak perlu menyewa lahan yang menghabiskan modal besar.

Bisnis ikan hias

Selain itu, kamu pun bisa menjalankan bisnis ini sambil melangsungkan pembelajaran secara daring atau ketika waktu senggang. Artinya, bisnis ini tidak terlalu menyita waktu, terutama untuk kamu yang masih memiliki tanggungan tugas dari sekolah untuk diselesaikan.

Beberapa jenis budidaya ikan dan tanaman hias yang bisa kamu jalankan seperti:
– Ikan hias Cupang
– Ikan hias Mas koki
– Ikan hias Koi
– Ikan hias Discus
– Ikan hias Guppy
– Anthurium
– Palem kuning
– Monstera
– Lidah mertua
– Peperomia obtusifolia
– Cycads
– Siklok
– Dll

5. Membuka Les Privat atau Bimbingan Belajar

Bisnis bimbingan belajar

Untuk pelajar SMA ataupun mahasiswa, membuka usaha les privat adalah hal yang cukup menarik untuk dilakukan. Nah, dalam hal ini, kamu memberikan layanan les privat untuk pelajar SD ataupun SMP.

Tentu, bisnis ini cocok untuk kamu yang memang memiliki ketertarikan di dunia mengajar. Dengan membuka les privat, selain mendapatkan keuntungan dari fee yang dibayarkan, kamu nantinya juga akan mendapatkan pengalaman mengajar yang bisa jadi akan bermanfaat di kemudian hari.

Ide bisnis ini bisa dikatakan cukup menarik dan menguntungkan terlebih dengan fakta di mana banyak orang tua yang merasa kesusahan untuk mengajarkan materi sekolah ke anak mereka. Hanya saja, kamu perlu mengatur waktu dengan baik agar keperluan kamu untuk belajar daring juga tidak akan terganggu.

6. Bisnis PPOB

Bisnis agen PPOB

Menjadi agen PPOB adalah ide bisnis sampingan yang juga sangat menarik untuk pelajar yang sedang melakukan pembelajaran daring. Hal ini dikarenakan ide bisnis ini bisa dijalankan hanya dengan modal smartphone atau laptop serta memiliki pangsa pasar yang bisa dikatakan sangat luas.

PPOB adalah agen pembayaran beragam tagihan secara online. Dalam hal ini, kamu menyediakan pembayaran mulai dari aneka tagihan seperti listrik, PDAM, BPJS, internet serta berjualan pulsa dan paket data. Sekilas, bisnis ini mirip dengan bisnis pulsa, namun dengan layanan yang lebih lengkap.

Adanya ragam pembayaran yang lebih lengkap tentu akan memberikan keuntungan yang lebih besar, terlebih jika kamu bergabung dengan Fastpay. Ya, Fastpay adalah penyedia layanan PPOB terlengkap yang siap menjadi mitra bisnis kamu.

Bisnis PPOB Fastpay mudah dikelola dan modal yang dibutuhkan sangat kecil. Sekian ratus ribu saja bisa kamu siapkan sebagai model awal untu deposit. Ada ribuan jenis produk bisa kamu jual atau tawarkan karena produk di Fastpay dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

Mulai dari pulsa, paket internet, berbagai voucher game, top up saldo emoney, berbagai jenis pembayaran tagihan bulanan, tiket kereta, tiket pesawat, tiket kapal PELNI, bahkan juga bisa melayani pengiriman barang, layanan perbankan transfer antar bank hingga setor dan tarik tunai.

Tidak hanya mendapatkan fasilitas yang lebih lengkap, kamu bisa mendapatkan bonus komisi atau cashback dari transaksi pembayaran tagihan, harga pulsa, paket data, voucher game, serta layanan lain dari Fastpay cenderung lebih murah.

Dengan demikian, kamu akan mendapatkan margin keuntungan yang lebih besar. Selain itu, nantinya kamu juga akan mendapatkan aneka bonus menarik dari program kemitraan yang dijalankan.

Tertarik menjalan bisnis PPOB Fastpay?
Silahkan daftar atau install aplikasinya sekarang.

About the Author

Tim SBF
Sentra Bisnis Fastpay adalah peluang bisnis masa depan modal kecil layanan terlengkap dan terpercaya dan pasti untung dengan teknologi keamanan transaksi handal dan support maksimal 1x24 jam. Ada 7 layanan handal dalam 1 genggaman. Anda ingin berkonsultasi silahkan hubungi tim SBF di 08175011058. Salam sukses.
Show
Hide
LIVECHAT WHATSAPP