Berbisnis di Tengah Pandemi? Pahami 7 Hal Penting Ini

Berbisnis di Tengah Pandemi? Pahami 7 Hal Penting Ini

Tahun 2020 memang penuh dengan kejutan, namun sayangnya kali ini bukan kejutan baik yang datang, melainkan pandemi yang  hingga kini masih belum tahu kapan akan berakhir, serangan Covid 19. Karena pandemi ini pula tidak sedikit orang yang harus diberhentikan dari pekerjaan mereka, sehingga membangun sebuah bisnis menjadi salah satu pilihan untuk bisa terus melanjutkan hidup.

Namun tentu, membangun bisnis di tengah pandemi tidak bisa dikatakan sebagai suatu pilihan yang mudah. Berkurangnya penghasilan masyarakat juga akan sangat mempengaruhi daya beli mereka. Lalu, apa yang harus Anda lakukan sebagai pebisnis pemula?

Tak perlu langsung berkecil hati, berikut beberapa hal penting mengenai membangun bisnis di tengah pandemi yang akan sangat mempengaruhi kelancaran bisnis Anda;

  1. Menganalisa Peluang dan Kebutuhan Pasar

Sadarkah Anda jika dengan adanya pandemi ini, kebiasaan, kebutuhan hingga hobi seseorang bisa berubah? Jika sebelumnya orang akan lebih sering keluar rumah untuk mengisi waktu luang, kini mau tidak mau mereka harus lebih sering berada di rumah, sehingga secara otomatis mereka akan mencari kegiatan yang bisa dilakukan di rumah pula, sebut saja berkebun, memelihara hewan, belajar masak dan lainnya.

Selain itu, pandemi ini juga membuat masyarakat lebih peduli dengan  kesehatan dan kebersihan. Hal tersebut juga tentunya sangat mungkin untuk Anda jadikan peluang, sebut saja dengan menjual hand sanitizer, masker dan lainnya.

  1. Mengecek Kondisi Finansial

Hal selanjutnya yang juga sangat perlu Anda perhatikan ketika membangun bisnis di tengah pandemi adalah keadaan finansial Anda sendiri, terlebih ketika Anda baru saja dikeluarkan dari pekerjaan utama.

Pilihlah bisnis yang masih memerlukan modal yang tidak terlalu besar, sehingga cash flow rumah tangga sehari-hari masih bisa berjalan dengan baik. Selain itu,  buat pula anggaran yang jelas tentang modal yang akan dikeluarkan, biaya operasional hingga dana darurat Anda sendiri.

  1. Mempertimbangkan Urusan Suplai Dengan Baik

Selama Anda memiliki bisnis yang menjual produk berupa barang, tentu Anda akan sangat bergantung dengan suplai produk ataupun bahan utama (jika Anda membuat produk sendiri), terlebih disaat pandemi dimana hampir setiap lini operasional sedikit terhambat.

Pastikan bahwa suplai produk yang akan Anda jual akan selalu mencukupi permintaan pembeli, karena akan sangat disayangkan jika Anda sudah mendapatkan calon pembeli namun produk yang dijual terus menerus out of stock.

  1. Memaksimalkan Teknologi (Online)

Seperti yang sudah sempat disinggung tadi, pandemi Covid 19 memaksa sebagian besar orang untuk tetap berada di rumah. Oleh karenanya, hal lain yang juga perlu dimaksimalkan dalam membangun bisnis di tengah pandemi adalah penggunaan teknologi, sebuat saja aplikasi chat dan sosial media.

Selain demi keselamatan bersama, berbisnis secara online juga akan sangat mengurangi modal yang perlu dikeluarkan, karena Anda tidak perlu memiliki toko offline. Selain itu, Anda juga tidak perlu keluar langsung untuk melakukan promosi.

  1. Mencari SDM Berkualitas Baik

Sebenarnya, poin kelima ini ditujukan bagi Anda yang memang merasa tidak sanggup untuk menjalankan bisnis sendirian. Hal ini sangat mungkin terjadi mengingat ada cukup banyak pekerjaan yang harus dilakukan demi memuaskan konsumen.

Kriteria SDM yang baik memang beragam, namun untuk menjalankan bisnis (terutama online) ada beberapa hal mendasar yang sebaiknya dipenuhi, sebut saja gercep (gerak cepat) menjawab pertanyaan calon konsumen, ramah, jujur, gesit dan lain sebagainya.

Jika memang Anda merasa belum memiliki budget yang cukup besar untuk membayar SDM, tidak ada salahnya untuk mengajak orang terdekat menjalan bisnis Anda. Sebut saja suami/istri, anak, adik, kakak atau bahkan teman.

  1. Selalu Memberikan Pelayanan Terbaik

Menjalankan sebuah bisnis artinya harus siap untuk memberikan layanan terbaik bagi calon dan konsumen. Inilah mengapa Anda harus bisa memilih SDM yang baik untuk bisnis milik Anda, terlebih membangun bisnis di tengah pandemi yang cukup rentan ini.

Memberikan layanan baik bisa dimulai dari cara yang paling sederhana, seperti menjawab pertanyaan terkait produk yang ramah dan bahasa yang sopan, bisa memberikan informasi yang lengkap tentang produk, hingga memastikan barang yang dijual dalam keadaan baik.

  1. Membuat Target yang Jelas

Poin ketujuh yang juga perlu Anda perhatikan dalam membangun bisnis di tengah pandemi adalah target pasar. Ya, setiap produk memang memiliki pasarnya sendiri-sendiri, sehingga Anda tidak perlu memaksakan produk yang dijual bisa menjangkau semua orang.

Jika Anda masih merasa bingung dengan target pasar ini, cara yang bisa dicoba adalah dengan membuat daftar kompetitor, lalu perhatikan dengan baik pasar yang mereka miliki. Dari sini, biasanya Anda akan bisa melihat dengan lebih jelas siapa target pasar yang tepat bagi produk Anda.

Nah, itu tadi dia 7 hal penting yang sebaiknya Anda pikirkan dengan baik terlebih dahulu sebelum membangun bisnis di tengah pandemi.

Memang, membangun bisnis memang bukan perkara mudah, terlebih di tengah situasi yang seakan serba terhimpit ini. Namun, Anda juga harus tetap selalu optimis dan percaya dengan kemampuan dan kualitas produk yang akan Anda tawarkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

About the Author

Tim SBF
Sentra Bisnis Fastpay adalah peluang bisnis masa depan modal kecil layanan terlengkap dan terpercaya dan pasti untung dengan teknologi keamanan transaksi handal dan support maksimal 1x24 jam. Ada 7 layanan handal dalam 1 genggaman. Anda ingin berkonsultasi silahkan hubungi tim SBF di 08175011058. Salam sukses.
Show
Hide
error: Klik Kanan Disabled..!
LIVECHAT WHATSAPP